Wednesday, April 3, 2013

Jiwa #1


Harusnya sekarang ngerjain pembahasan buat Case Report Session (CRS) besok. Tapi malah terdistraksi dengan flight of idea yang seliweran di kepala tentang beberapa hari ini. Jadi ceritanya sekarang saya lagi jadi dokter muda di sebuah rumah sakit pendidikan di bandung. Kalau 3,5 tahun dulu saya ketemu pasiennya Cuma kertas, sekarang udah langsung tatap muka sama pasien beneran. Sama manusia yang dateng ke kita dengan harapan akan mendapatkan perbaikan dari kodisinya. Jujur saya sebenernya takut banget waktu liburan menjelang koas kemarin. Bisa ga sih gue? Udah siap belum sih? Ya sebenernya kelihatannya berlebihan ya, since sebenernya kewajiban dokter muda di rumah sakit itu adalah belajar sebanyak-banyaknya aja. Belum ada kewenangan apalagi tanggung jawab untuk ngadepin pasien sendiri. Karena toh setiap hal yang kita lakuin juga dibawah pengawasan konsulen atau residen.

Duh, maafin dong yaaa.. pembukaannya panjang beneerrr..

Ya, jadi sebenernya sekarang saya mau cerita tentang 3 hari koas yang sudah saya lalui ini. Eh? Baru 3 hari ya? Masih panjang ya ternyata jalan membentang! 

Stase pertama saya adalah Ilmu Kedokteran Jiwa. Saya dapet pelajaran tentang jiwa ini di semester 3 dan saya lulus di semester 7, yang berarti udah tinggal berapa kalimat aja yang saya inget dari pelajaran tentang jiwa. Yang saya inget banget tentang jiwa di masa pendidikan S1 adalah SOOCA! Deym! Sampe sekarang rasanya masih trauma. Jadi ceritanya waktu itu saya ga terlalu belajar mengenai kasus yang lain selain yang ditutorialkan, paling banter saya cuma ngertiin patofisiologi dan pathogenesis (perjalanan penyakit dari penyebab hingga timbul gejala) aja. Turns out, pas buka soal di ruang isolasi saya bingung sama jalan ceritanya, kaya ga pernah kenal sama cerita yang serupa. Dan disitulah saya langsung gemeteran, mata panas, keringet dingin ngadepin kertas soal. Soal yang saya itu adalah soal baru yang tidak ditutorkan, case-nya itu Post Traumatic Stress Disorder. Alhamdulillah banget casenya masih familiar dan masih ngerti patpatnya.

Oke, sudah melantur jauh ya!

Jadi ceritanya, hari pertama di jiwa *yang juga hari pertama koas* diisi sama bingung-bingung. Bingung mau kemana, bingung mau ngapain, bingung konsulennya yang mana, bingung bangsalnya dimana termasuk bingung mau pulang jam berapa dong yaaaa :p jadi akhirnya seharian itu ngekor aja sama kakak koas 2008 yang ada di kelompok yang sama. Sekitar jam 9 perseptor kami datang, terus langsung diajak Visit Besar (Visbes). Yaudah lah ya turun aja, sambil gatau ini mau ngapain juga kan. Terus masuk ke bangsal dan tau ga apa? Ruangannya BERSIH DAN TERANG. Awalnya saya kira ruangan bangsal jiwa tuh gelap, kotor, bau gitu. Ternyata justru sebaliknya. Hehehe.

Terus kami mulai visbesya, mengunjungi pasien satu persatu. Tiba-tiba konsulen pun berkata “mahasiswa, sini sini. Apa indikasi pasien dirawat?” kyaaaaaa! Ngeliat banget roman muka temen yang ditembak begitu sama konsulen. Pucet dan kaget luar biasa. Dan karena bingung dan gatau juga jawaannya, akhirnya aaa uuu aaaa uuuu aja sampe akhirnya dikasih tau sama konsulennya. Pas pergi dari ruangan itu buat ketemu pasien lain, ada residen baik hati yang mencolek-colek diriku “dek, pertanyaan-pertanyaan visbes gitu dicatet ya, biasanya keluar kalo ujian” “siap laksanakan, dooook” langsung catet-catet semuanya, ya walaupun ga kecatet semua sih :p

Selesai visbes, kemudian kami langsung mulai Bed Side Teaching (BST). Ga tanggung-tanggung sih yaaa langsung 3 pasien *keprok pramuka* terus langsung diminta buat bikin CRSnya dan tentunyaaaa Clinical Science Session (CSS) dengan kasus yang berbeda. Terus abis itu kita ditinggal. Sampe siang ga ada apa-apa lagi. sampe terus akhirnya kita pu…..lang.

Nantikan kelanjutannya di episode 2! :p

No comments:

Post a Comment