Tuesday, June 22, 2010

kenapa harus menulis?

ya itu dia pertanyaan yang selalu gue lontarkan setiap saat melihat pendaftaran suatu workshop. syarat : selesaikan 2 essay sepanjang min.3 halaman.

kadang gue cuma tertawa ngeliat itu, dalam hati ngedumel kenapa harus essay si? dikira gampang apa bikin essay. di lain kadang, gue cukup seneng si kalo syaratnya cuma essay dan gue pengen banget ikut workshop itu. alhamdulillah Allah ngasih gue sedikit kelebihan untuk mencintai dunia menulis.

tapi kebanyakan kadang, gue sedih liat syarat kaya gitu. terutama disaat gue ingin banget ikut acaranya, tetapi gue sedang ga bisa nulis. dan itu banyak dialami sama temen-temen gue juga.

kenapa harus essay? kenapa harus essay? itu yang selalu gue lontarkan di dalam otak gue.

ga fair menurut gue. apa kemampuan seseorang cuma di liat dari essay? apa kecanggihan dan keunikan pemikiran seseorang cuma dilihat dari sebuah tulisan saja? lantas, gimana dong nasib-nasib mereka yang luar biasa tetapi tidak suka menulis? kasian dong mereka masa pengembangan dirinya cukup sampai situ aja. sedangkan mereka yang jago nulis, bisa aja terus melaju. kaya contoh kasus gue, kemarin gue lolos salah satu workshop leadership bergengsi di Indonesia, daftar bareng sama temen gue yang menurut gue luar biasa lah. gue si ga ada apa-apanya lah dibanding dia mah. eh yang lolos malah gue! nah itu karena gue suka dan sudah cukup terbiasa dengan menulis. ga fair kan bbuat temen gue yang jago itu?

hmm. menurut gue bikin essay tu bukan pekerjaan main-main. ada bagian dari jiwa yang ditiupkan ke dalam tulisan itu saat kita menulis. fungsinya buat bikin tulisan itu hidup. bisa ngajak semua yang baca ngerasain juga apa yang kita tulis. yah kasarnya mah memainkan perasaan orang lain lah hehe. dan buat gue itu satu senjata ampuh buat tulisan-tulisan gue kemarin-kemarin.

makanya, menulis itu buat gue ga bisa dipaksakan. karena kalo dipaksa yang ada gue malah ngaco nulisnya dan ga ada gregetnya kalo kata sherina *goblok gue :D

jadi, buat yang mau bikin workshop-workshop gitu yaa mending cari cara yang lebih efektif lagi. lebih baik mengembangkan orang yang memang punya kompetensi dasarnya dulu, baru nanti biarkan mereka yang membina yang lain. hehe

1 comment:

Post a Comment